Kamis, 07 Oktober 2010

TITAN

Titan dalam mitologi Yunani adalah 12 penguasa Bumi sebelum para Olympian. Pemimpin mereka bernama Cronus yang nantinya akan digulingkan oleh Zeus. Ke-12 Titan adalah anak dari Ouranus/Uranus dewa langit atau surga dan Gaia dewa Bumi. Titan nantinya akan mengalami perang besar dengan para Olympian yang disebut Titanomachy. mayoritas Titan akan terlibat dengan perang ini. Dalam perang ini Titan mengalami kekalahan dan yang pada waktu perang ikut bertempur bersama Cronus dibuang ke Tartarus.


Note :
Tartanus
: Tartarus berasal dari mitologi Yunani Kuno, di mana Tartatus di asosiasikan sebagai suatu tempat di bawah tanah yang kelam dan kejam (ada juga yang menyebutkannya sebagai neraka). Tartarus dipakai oleh Dewa Zeus untuk mengurung sekaligus menghukum para perusak seperti Titan, Nyix dan lainnya.
sumber: wikipedia
Para Titan :
Cronus
Spoiler for picnya gan :D:

Cronus merupakan salah satu titan, putra dari Uranus dan Bunda Bumi (Gaia), yang dilemparkan ke dalam Tartarus oleh Uranus karena ulahnya yang kurang pantas. Istri Uranus, Bunda Bumi, sangat sedih sehingga diam-diam menemui para titan, yang bersama-sama Cronus dilemparkan ke Tartarus, dan menyuruh mereka melawan Uranus. Hanya Cronus yang berani melawan Uranus sementara para titan yang lain tidak berani.
Singkat cerita, Kronos mengalahkan Uranus dan melakukan kudeta.
Dari tahta yang direbutnya,Cronus memerintah dunia yang penuh dengan keributan, pengkhianatan, kebencian, penderitaan, dendam, dan peperangan. Cronus hidup dalam ketakutan akan kutukan dari ayahnya, Uranus, yang mengatakan bahwa Kronos pun akan mengalami nasib yang sama dengan Uranus yaitu dikhianati oleh anaknya sendiri. Karena ketakutannya itu, Cronus nekad menelan semua anak yang dilahirkan oleh istrinya, Rea. Anak-anak yang ditelannya adalah Hera, Demeter, Hestia, Hades, Poseidon. Hanya satu anak yang luput karena disembunyikan oleh Rea yaitu Zeus yang nantinya akan menggulingkan Cronus persis seperti kutukan Uranus.

Rhea
Spoiler for picnya gan :D:

Rhea atau Rhia dalam mitologi Yunani adalah saudari sekaligus Istri Cronus. Dari Cronus ia memiliki anak-anak yang nantinya akan menjadi penguasa Olympus, yaitu Demeter, Hades, Hestia, Poseidon, dan Zeus. Ia bersama Cronus menjadi pemimpin para Titan.
Bagi Homer, Rhea adalah ibu para Dewa. Meskipun bukan ibu alam semesta seperti halnya Cybele. Menurut legenda ia menyelamatkan Zeus yang baru lahir dengan mengasingkannya di Pulau Kreta supaya tidak ditelan Cronus seperti kakak-kakaknya. Ia mempercayakan Zeus pada para pengikutnya di sana. Para pengikutnya ini menjadi penjaga Zeus dan mengadakan upacara-upacaca penyembahan.
Rhea disimbolkan dengan bulan. Dalam Mitologi Romawi simbolnya adalah Lunar. Simbol lainnya adalah angsa karena angsa melambangkan kelembutannya. Ia juga disertai dengan 2 ekor Singa sebagai penarik keretanya.

Oceanus
Spoiler for picnya gan :D:
Oceanus atau Okeanus dalam mitologi Yunani adalah istri Thetys dan ayah dari sungai-sungai yang ada di alam semesta dan sekitar tiga ribu peri laut yang disebut Oceanids. Salah satu Oceanids yang bernama Clymene atau Asia. Walaupun Oceanus adalah seorang Titan, namun ia akhirnya bekerja sama dengan Poseidon menjaga lautan. Oceanus mewakili lautan di samudera Atlantik dan Poseidon menguasai Laut Mediterania. Dalam Titanomachy oa bersama Prometheus dan Themis tidak memihak para Titan. Ia juga menolak bekerja sama dengan Cronus untuk mengglingkan ayahnya Ouranus semasa Ouranus berkuasa.

Hyperion
Spoiler for picnya gan :D:
Hyperion Titan god of light salah satu anak-anak ouranus (surga) dan Gaia (Bumi), dan ayah dari the lights of heaven--Eos the Dawn, Helios the Sun, dan Selene the Moon. istrinya Bernama Theia Wanita dari Aither yang dijuluki --the shining blue of the sky

Coeus
Spoiler for picnya gan :D:

Dalam Mitologi Yunani, Coeus merupakan salah satu Titans, anak dari Uranus (surga) dan Gaia (Bumi)..Senasib dengan para Titan lainnya, Coeus dikalahkan Zeus dan Para Olympian. setelah Titanomachy, dia dan semua saudara-saudaranya dimasukan ke Tartanus oleh Zeus. Namun pada akhirnya Zeus akhirnya membebaskan mereka dari neraka tersebut.

Mnemosyne
Spoiler for picnya gan :D:

Mnemosyne adalah Titan yang Kimpoi dengan Zeus menghasilkan 9 anak yang dikenal dengan 9 muses.

Kreios
Spoiler for picnya gan :D:
no pic sory gan
Kreios atau Crius juga merupakan keturunan gaia dan ouranus, mempunyai istri bernama Eurybia dengan anak-anaknya Astraios, Pallas, dan Perses. Setelah perang terhadap Olympians ia dikurung ke tartanus.

Phoebe
Spoiler for pic nya gan:


ups salah gan
Spoiler for pic nya gan:


ini yang bener
Phoebe adalah Titan bulan dan kebrilianan. Ia menerima Oracle Delphi dari Thetys. Tidak banyak yang diketahui dari Titan ini selain ia adalah istri dari Coeus. Ia memiliki anak Leto dan Asteria. Leto nantinya memiliki anak dari Zeus yaitu Apollo dan Artemis. Oleh karena itu ia adalah nenek dari Apollo dan Artemis.

Themis
Spoiler for picnya gan :D:

Themis dalam mitologi Yunani adalah salah seorang Titan wanita yang memiliki hubungan dekat dengan Zeus. Ia memiliki Anak Horae dan Astraea dari Zeus. Ia juga ada di Delos untuk menyaksikan kelahiran Apollo. Themis berarti Hukum alam. Ia adalah tubuh dari aturan, hukum, dan adat. Saat ia diacuhkan Zeus, Nemesis menyatakan bahwa Themis sangat marah. Tapi Themis tidaklah seperti itu. Titan berpipi indah ini malah jadi yang pertama menawarkan cangkir pada Hera saat ia kembali ke Olympus.
Themis adalah salah satu dewi yang memiliki kaitan dengan Oracle Delphi karena ia turut membangunnya. Ia menerimanya dari ibunya, Gaia dan memberikannya pada Phoebe.
Banyak penganut Neo-Pagan terutama Helenistic NeoPagan menganggap Themis adalah dewi kebajikan dan keadilan. banyak sekte modern menganggap Themis berperan dalam menentukan kehidupan setelah mati. Ia membawa seperangkat timbangan yang digunakan untuk menimbang kebaikan dan keburukan seseorang. Themis juga memberikan masukan terakhir sebelum nasib sang jiwa tersebut ditentukan oleh Hades.
Pengikut Pagan biasanya berdo'a, membakar minyak dan kemenyan, makanan, atau menumpahkan minuman sebagai persembahan pada Themis. Mereka menganggap Themis menjanjikan kesehatan, kesenangan, kejantanan, dan kharisma bagi para pengikutnya. Themis biasanya disembah oleh para pria.

Atlas
Spoiler for picnya gan :D:

Dalam mitologi Yunani, Atlas adalah Titan. Atlas adalah putra dari Titan Iapetus dan Oceanid.
Ia dihukum oleh Zeus berdiri di bagian barat Gaia (Bumi) dan memegang Ouranos (langit) pada bahunya. Terdapat miskonsepsi bahwa Atlas terpaksa memegang Bumi pada bahunya, tetapi hal ini tidak benar. Seni klasik menunjukan Atlas memegang bola langit, bukan Globe.

Prometheus
Spoiler for picnya gan :D:

Titan keturunan Ouranus dan gaia. Ia mencuri api dari Zeus dan memberikannya kepada Epimetheus. Sebagai hukuman, Zeus membelenggu Prometheus ke sebuah gunung. Setiap hari burung elang datang memakan hatinya sampai dia mati dan setiap malam pula dia akan hidup kembali, dia abadi sehingga terus menerus mendapat rasa sakit dan penderitaan. setelah beberapa lama Zeus mengutus anaknya Heracles untuk membebaskan Prometheus dan memutuskan rantai yang membelenggunya  
( klu yang doyan God Of War 2 pasti tau cerita ini )

Epimetheus
Epimetheus adalah Titan Wanita dalam mitologi Yunani, saudara dari Prometheus dikenal sebagai wanita yang membuka kotak pandora.
Spoiler for picnya gan :D:

Menoetius
Titan keturunan Ouranus dan gaia dikalahkan zeus dengan menyerangnya menggunakan petir berkali - kali , dan kemudian mengurungnya kedalam tartanus.
Spoiler for picnya gan :D:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar