Jumat, 06 Januari 2012

Ada 'Bulan Kecil' Mengelilingi Bumi

[imagetag]

Seiring dengan asteroid-asteroid kecil terperangkap oleh gravitasi, dan menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengelilingi Bumi, bisa dikatakan asteroid itulah menjadi ratusan bulan kecil yang mengorbit di sekeliling Bumi.

Para peneliti telah lama mencurigai asteroid-asteroid yang melintas, kadang-kadang mendekati Bumi pada jarak yang cukup dekat untuk terperangkap oleh gravitasi. Asteroid-asteroid tersebutlah yang akan menjadi bulan sementara.

Mikael Granvik dari University of Helsinki di Finland, bersama dengan rekan-rekannya menjalankan suatu simulasi komputer, untuk mencari frekuensi dari berbagai asteroid yang mendekati Bumi, dan kemungkinan mereka tertangkap gravitasi ketika mendekat.

Agar dapat tertangkap, sebuah objek harus mulai keluar dari orbit yang cukup identik dengan Bumi. Menurut perkiraan tim, rata-rata, satu asteroid dengan ukuran 1 yard atau 1000 batuan angkasa yang berukuran sekira 4 inci, dapat mengorbit pada Bumi. Demikian dilansir Moondaily, Sabtu (7/1/2012).

"Jumlahnya lebih banyak dari yang mungkin dipikirkan orang," kata Granvik.

Asteroid-asteroid tersebut, umumnya bertahan dalam orbitnya mengelilingi Bumi selama kurang dari satu tahun. Meskipun simulasi yang dilakukan para peneliti itu, juga menyatakan beberapa asteroid mungkin saja tinggal lebih lama.

CEK YANG LEBIH HEBOH DI SUMBER

grobakz 07 Jan, 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar