Sabtu, 30 Juni 2012

7 Makhluk Mitologi Dalam Bentuk Ikan

Makhluk mitologi adalah makhluk-makhluk yang dianggap ada keberadaannya oleh orang-orang dahulu kala (mitos). Biasanya cerita ini didapatkan secara turun-temurun ke anak cucu mereka hingga sekarang. Bahkan beberapa ilmuwan sedang mencoba mengungkap keberadaan mereka yang sebenarnya.

Namun disini saya akan membahas tentang makhluk-makhluk mitologi dalam edisi ikan. Yang dimaksud disini bukan semua makhluk tersebut berbentuk ikan. Namun ada juga yang menyerupai ikan, belut, dan sejenisnya. Berikut daftar makhluk-makhluk mitologi legendaris edisi ikan versi Wikipedia.

1. Abaia

Menurut mitologi Melanesia, Abaia adalah sejenis belut raksasa dengan kekuatan magis yang bersemayam di dasar danau yang jernih seperti Fiji, Solomon dan Pulau Vanuatu. Diceritakan bahwa Abaia menganggap semua binatang-binatang yang hidup di danau itu sebagai anaknya dan akan melindungi mereka dari ancaman apapun. Konon, ada sebuah kisah yang menceritakan bahwa ada seseorang yang pergi ke danau yang ditempati Abaia. Dia mendapatkan banyak ikan besar sehingga dia membawa penduduk desa untuk menangkap ikan di situ keesokan harinya. Semua ikan di danau itu diambil oleh warga desa. Namun, seorang perempuan yang menangkap Abaia merasa iba dan melepaskannya. Abaia sangat marah dan pada malam hari dia membuat hujan badai sehingga menenggelamkan semua penduduk desa. Namun ada seorang perempuan yang berhasil selamat, yaitu yang melepaskan Abaia.


2. Dakuwaqa

Dakuwaqa adalah Dewa Hiu yang berasal dari mitologi Fiji. Dia sangat dihormati oleh nelayan-nelayan Fiji karena dipercaya akan melindungi para nelayan ketika sedang berlayar di lautan. Diceritakan bahwa dulu Dakuwaqa berencana untuk menguasai Pulau Kadavu. Namun ada Dewa lain (dalam bentuk gurita) yang mengetahuinya dan duel dengan Bakuwaqa. Bakuwaqa berhasil dikalahkan dan dia berjanji tidak akan pernah menyerang Pulau Kadavu lagi. Oleh karena itu sekarang Dakuwaqa dipercaya sebagai Dewa Penjaga pulau Kadavu.


3. Isonade

Isonade memiliki arti "Penyerang Pantai", adalah makhluk mitologi dari Jepang yang digambarkan seperti hiu besar yang mengerikan. Dia tinggal di daerah Jepang Barat terutama Pantai Matsuura. Konon ketika Isonade muncul, akan bertiup angin yang kencang dan sebuah sirip ekor akan muncul di permukaan air untuk menyerang kapal atau orang-orang langsung. Dia akan berusaha menjatuhkan mangsanya ke dalam air dan memakannya.


4. Kamohoalii
Dalam mitologi Hawai, Kamohoali adalah Dewa Hiu dan saudara dari Kane Milohai, Pele, Kapo, Namaka dan Hi'aka. Disebutkan bahwa Kamohoalii berenang di sekitar Maui dan Kahoolawe. Konon ketika ada kapal yang tersesat di lautan, Kamohoalii akan muncul dan Kahuna (semacam dukun) akan memberinya "awa" (semacam minuman beralkohol), kemudian Kamohoalii akan menuntun kapal tersebut pulang. Kamohoalii juga sering mengantar pulang kapal dengan awak yang bukan penduduk asli Hawaii ke tempat asal mereka masing-masing.


5. Namazu

Namazu adalah sejenis ikan lele raksasa yang mengakibatkan gempa bumi yang muncul dalam mitologi Jepang. Dia tinggal di bawah lumpur di bawah pulau Jepang. Namazu juga dijaga oleh Dewa Kashima yang mengendalikannya menggunakan sebuah batu. Konon ketika Kashima lalai dari penjagaan terhadap Namazu, dia menyebabkan gempa bumi dahsyat yang menyerang Edo (Tokyo Modern) pada tahun 1885. Pada faktanya, ikan lele dapat merasakan getaran kecil jika akan terjadi gempa bumi. Biasanya mereka akan menunjukkan tanda-tanda kepanikan yang tidak wajar.


6. Fintan

Fintan atau yang memiliki nama lain Salmon of Knowledge, adalah makhluk yang berasal dari mitologi Irish. Dikisahkan bahwa ada seekor ikan salmon biasa yang memakan 9 kacang hazel yang jatuh di Sumur Pengetahuan. Karena itu dia mendapat semua ilmu pengetahuan yang ada di dunia.
Kemudian seseorang yang bernama Finn Eces menghabiskan tujuh tahun hidupnya untuk memancing salmon tersebut dan berhasil. Dia memberikan salmon tersebut kepada Fionn (pembantunya) dan berpesan agar jangan memakannya. Lalu Fionn memasak Fintan dan untuk memastikan salmon tersebut cukup matang, dia menyentuh dengan ujung jempolnya. Jempolnya terbakar dan secara reflek, dia menghisapnya.
Oleh karena tindakan ini, Fionn mendapat semua ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh salmon tersebut. Sepanjang hidupnya, ketika dia ingin mengetahui informasi apapun, dia akan menghisap jempolnya untuk memperoleh pengetahuan tersebut. Akhir cerita, Fionn menjadi pemimpin Fianna (pahlawan mitologi Irish).


7. Shachihoko

Shachihoko muncul dalam mitologi Jepang yang digambarkan sebagai singa dengan badan ikan. Shachihoko dipercaya mampu mendatangkan hujan sehingga banyak sekali kastil dan kuil yang memiliki ornamen Shachihoko dalam rangka melindungi tempat-tempat tersebut dari api (kebakaran).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar